Bimbingan Teknis Pendataan, Penilaian dan Penatausahaan PBB-P2

Peserta Bimtek PBB-P2 Kota Bima

Peserta Bimtek PBB-P2 Kota Bima

Pemerintah Kota Bima melalui Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2010 telah mengagendakan adanya ketentuan bahwa pada tanggal 1 Januari Tahun 2014 akan menjadikan PBB sebagai Pajak Daerah. Merespon kebijakan tersebut, secara struktural juga telah dilaksanakan penyesuaian terhadap struktur DPPKAD dengan menambah satu Bidang, yaitu Bidang PBB dan BPHTB. Sebagai unsur Pajak Daerah yang baru, perlu disediakan konsep-konsep mengenai tata kelolanya, langkah validitas data serta penentuan besaran nilai NJOP-nya. Untuk itu persiapan SDM yang sangat startegis adalah dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam hal mengopersikan sistem Pajak Bumi dan Bangunan sebagai tindak lanjut terhadap kegiatan input data, penentuan Zona Nilai Tanah (ZNT) penentuan Nilai Indeks Rata-rata (NIR) dan penentuan NJOP PBB.

Pemateri Bimtek Pajak Bumi dan Bangunan Kota Bima

Pemateri Bimtek Pajak Bumi dan Bangunan Kota Bima

 Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator dan Penilai diselenggakan di Kota Bima, Hari pertama lebih difokuskan pada transformasi informasi dan wawasan secara konseptual mengenai pengelolaan PBB secara umum. hari kedua dan seterusnya, untuk penyelenggaraanya lebih difokuskan kepada mekanisme pendataan, mekanisme penilaian dan penatausahaan. Peserta adalah sebagaian dari staf pada bidang PBB dan BPHTB yang dipersiapkan sebagai pengelola pajak PBB dan BPHTB. Tenaga ahli (nara sumber) yang digunakan adalah tenaga ahli dari Kantor Pajak Pratama dan tenaga Lokal yang memiliki kapasitas.

Adapun tujuan dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) PBB dan Penilai pada Bidang Pendapatan  adalah:

  1. Terselenggaranya kegiatan dalam rangka bimbingan teknis terkait dengan tata kelola PBB dan BPHTB, terutama yang menyangkut masalah pendataan, penilaian, dan penatausahan pengelolaan PBB.
  2. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan terintegrasi, dan studi kasus, sehingga dapat menjamin tersedianya sumber daya aparatur pada Bidang PBB dan BPHTB yang profesional, jujur dan akuntabel.
  3. Dengan demikian kegiatan ini diharapkan menjamin tersedianya potensi SDM yang bertanggung jawab untuk memerankan tugas kedaerahan, terutama dalam mengurus masalah PBB dan BPHTB mampu bekerja keras, cerdas dan tuntas.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pendataan, Penilaian  dan Penatausahaan PBB adalah:

  1. Kebijakan Umum dan Strategis Pengelolaan  PBB;
  2. Tinjauan Peraturan Daerah Kota Bima perihal Penyelenggaraan Pendaerahan PBB;
  3. Tinjauan Peraturan Daerah Kota Bima perihal Penyelenggaraan Pendaerahan BPHTB;
  4. Pendaftaran dan Pendataan PBB;
  5. Penilaian Massal PBB;
  6. Penilaian Bangunan secara Individu dan non standar;
  7. Teknis dan Metode Pelayanan PBB;
  8. Teknik Pengurangan Keberatan dan Mutasi PBB;
  9. Pemeliharaan Sistem Basis Data Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (Sismiop)
  10. Penatausahaan dan Pelaporan PBB;
June 2017
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Pengunjung

Categories

Alamat

Jl. Soekarno-Hatta No. 2
Telp . (0374)646631
Fax. (0374)646631